Photobucket
  • Gedung Pondok Pesantren Modern a-Istiqomah.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Para Petarung Nurani.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Event Art Paling Akbar.
  • Siap Tempur Dalam memerangi angkara murka.
  • Para santri akhir 2008 bersama Ust Saad Ibn Taba.

PRAMUKA

Cikal bakalnya adalah terbentuknya Kepanduan "Bintang Islam" oleh KH. Arif Siraj Lc, dengan menu latihan antara lain : ketrampilan kepramukaan, latihan seni, penjelajahan, pertanian, peternakan, kepemimpinan dan lain sebagainya. Bahkan waktu-waktu liburan pun dimanfaatkan untuk kegiatan perkemahan di sekitar kampus di bawah pengawasan langsung KH. Arif Siraj Lc.

Sekarang, kegiatan kepramukaan di Istiqamah ditangani oleh Koordinator Kepramukaan Pondok Modern Al-Istiqomah di bawah bimbingan dan pengawasan Majelis Pembimbing Koordinator Harian (Mabikori). Berikut ini gambaran kegiatan selama satu tahun.



Rapat Kerja Koordinator
Sebagai bukti bahwa Gerakan Pramuka di Istiqamah merupakan wadah pendidikan berorganisasi bagi para santri, diselenggarakanlah Rapat Kerja Koordinator (Rakoord) yang agendanya adalah membahas program kerja Koordinator untuk kurun waktu satu tahun mendatang. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas V baik sebagai pengurus Koordinator maupun pembantu pembina. Rapat ini terdiri dari tiga persidangan: Sidang Pleno, Sidang Komis, dan Sidang Paripurna di bawah bimbingan Mabikori, Mabigus, dan staf pengasuhan santri, masing-masing selaku steering Committee.

Mugus
Dalam rangka mengevaluasi program lama dan menyusun program baru sekaligus mengesahkannya, setiap Gudep mengadakan Musyawarah Gugus Depan (Mugus) sekali setahun. Musyawarah yang disusul dengan pergantian Pembina Gugus Depan (Bindep), diikuti oleh seluruh pembantu pembina, andika laksana II, pemimpin sangga, pemimpin regu, dan Mabigus. Dalam acara musyawarah ini Bindep lama membacakan laporan pertang-gungjawaban dilanjutkan dengan serah terima amanat, pem-bahasan program kerja baru untuk masa satu tahun yang akan datang, dan pengesahannya.

Kursus-Kursus
Dalam upaya meningkatkan kualitas pembina dan peserta didik pramuka, diadakanlah berbagai kursus, antara lain.
  • KMD
Dalam upaya mening-katkan mutu pembina maka Gerakan Pramuka Kepramukaan mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar yang disebut juga Kursus Mahir Dasar (KMD)
  • MPP
Setelah mengikuti KMD, setiap pembantu pembina diwajibkan mengikuti Masa Pengembangan dan Pemantapan (MPP) dengan terjun langsung di Gudep masing-masing. MPP ini merupakan syarat mengikuti jenjang kursus yang lebih tinggi yaitu Kursus Mahir Lanjutan (KML). Kegiatan yang sebelumnya bernama Masa Pengembangan dan Evaluasi (MPE) ini diikuti oleh lulusan KMD.
  • KML
Guna meningkatkan kualitas Pembina, menumbuhkan kepercayaan diri, memberikan bekal pengetahuan & ketrampilan dalam mengasuh peserta didik, membentuk tenaga pramuka mahir tingkat lanjutan maka Kepramukaan bekerjasama dengan Kwartir Cabang Kab. Ngatabaru mengadakan Kursus Mahir Lanjutan (KML)
  • LP3 Antar Pondok Alumni
Dalam rangka meme-riahkan acara Pekan Perkenalan/Khutbatul Arsy di Gontor diselenggarakanlah Lomba Perkemahan Pramuka Penegak dan Penggalang (LP3)  di lapangan hijau. Acara ini diikuti oleh 9 regu penggalang dan 9 sangga penegak dari Kepramukaan Istiqamah dan beberapa regu dan sangga dari Pondok Cabang dan Pesantren Alumni lainya, antara lain PM Gontor II (Madusari), PM. Darul Ma'rifat (Kediri), PM. Dartl Muttaqin (Banyuwagi), PM Al-Barokah (Nganjuk), PP. Babussalam (Madiun), PP. Al-Salam (Sukabumi), PP Al-Syifa' (Balikpapan-Kaltim) dan alumni pondok yang lain.
Kegiatan ini di samping bertujuan mempererat tali silaturrahim antar santri Istiqamah dan Pondok-pondok Alumni juga bertujuan mengenalkan kepada santri baru tentang kegiatan kepramukaan di Pondok Modern.
  • Perkajum
Untuk mengenalkan kegiatan kepramukaan Istiqamah dan media dakwah kepada masya-rakat, Koordi-nator Gerakan Pramuka Kepramukaan*menga-dakan acara Perkemahan Kamis Jum'at (Perkajum). Kegiatan ini diikuti oleh 200 Pramuka Penggalang, Penegak, dan Pandega yang telah menyelesaikan ujian SKU utusan dari tiap Gudep.
  • Latihan Search And Rescue (SAR)
Untuk mengisi liburan pertengahan tahun, Kepramukaan mengadakan latihan Search And Rescue (SAR) di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi Maospati, tepatnya di Markas Besar PASKHAS. Selain sebagai media mengisi liburan, latihan ini juga bertujuan menyalurkan minat dan bakat anggota Gudep.
  • Mengirim Kontingen ke Jamnas
Pada tahun ini Kepramukaan Istiqamah mengirim dua regu penggalang putra ke Jambore Nasional (Jamnas). Even 5 tahunan ini merupakan wahana menunjukkan warna pramuka Istiqomah di pentas nasional. Dengan berpegang kepada prinsip Kami Pramuka Tapi Kami Muslim, Kontingen Kepramukaan Istiqamah berani tampil beda menunjukkan ciri khas Pramuka Pondok Modern al-Istiqomah.
  • Pramuka Garuda
Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi di masing-masing golongan (siaga, penggalang, penegak, dan pandega), dan menjadi dambaan setiap pramuka untuk meraihnya.
  • Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan
Dalam upaya meningkatkan kinerja staf koordinator Gudep, Mabikori Istiqamah mengadakan Pelatihan Pengem bangan Kepemimpinan. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Andalan Koordinator dan Bindep baru ini berlangsung dalam dua fase dengan materi : kedisiplinan, mental kepemimpinan, teknik kepramukaan dan administrasi atau organisasi Gudep.
  •  Laporan Pertanggungjawaban dan Pengukuhan Andalan Koordinator dan Bindep
    Sebagai realiasi semboyan Pondok Modern Patah tumbuh hilang berganti sebelum patah sudah tumbuh dan sdbelum hilang sudah ada gantinya, dilaksanakanlah acara pergantian pengurus Koordinator Gerakan 
    •  Pramuka Kepanduan*Istiqamah..
    Sebelum dilaksanakan pengukuhan pengurus lama terlebih dahulu melaporkan kegiatan selama masa baktinya, kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan serta pelantikan pengurus baru.
    • Kegiatan Lain dalam Kampus
    Kegiatan lain Gugus Depan Istiqamah pada tahun ini antara lain :
    1. Praktek Pengayaan Lapangan (PPL), untuk andika Laksana II dari kelas III Int. dan Kelas IV.
    2. Perlombaan Insidentil antar pembantu pembina.
    3. Penjelajahan kesekitar kampus Istiqomah.
    4. Latihan panjat tebing bagi staf Koordinator, andika, anggota DKK, dan asisten Andalan Koordinator Urusan Kesekretariatan.
    *