Photobucket
  • Gedung Pondok Pesantren Modern a-Istiqomah.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Para Petarung Nurani.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Event Art Paling Akbar.
  • Siap Tempur Dalam memerangi angkara murka.
  • Para santri akhir 2008 bersama Ust Saad Ibn Taba.

OPPM

Membina Militansi Santri Lewat Organisasi

Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai keberhasilan. Pengalaman dan wawasan merupakan prasarat untuk menuju terbentuknya sebuah organisasi yang baik. Dalam pada itu, santri Pondok A-Istiqomah sebagai calon pemimpin diharapkan memiliki kemampu-an, penga-laman, dan wawasan agar mampu mengatur seluruh program untuk mencapai tujuan.
    
Berangkat dari eksistensi Al-Istiqomah sebagai wahana pendidikan kader pemimpin umat, maka Pondok A-Istiqomah membina skill dan mental santri dengan pemberian tugas dan tanggung jawab. Dengan demikian akan tumbuh jiwa kemandirian dan militansi yang tinggi.
Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) adalah salah satu wadah pembinaan kreatifitas santri. Organisasi ini menjadi wahana bagi santri dalam mengaplikasikan nilai dan sunnah Pondok Modern sebagai bekal hidup bermasyarakat.

Organisasi ini terdiri dari 21 bagian diketuai oleh seorang ketua dan wakil ketua, dengan pengurus sebanyak kurang lebih 100 orang. Dalam hal ini seluruh santri turut ambil bagian, baik sebagai pengurus ataupun anggota. Pergantian pengurus diadakan setiap tahun sesuai dengan motto “Patah tumbuh hilang berganti” “Siap memimpin dan siap dipimpin”. Berikut adalah beberapa kegiatan OPPM;

Musyawarah Kerja

Program kerja merupakan faktor penting untuk memajukan suatu organisasi. Oleh karena itu OPPM mengadakan Musyawarah Kerja (Muker) untuk mengevaluasi kegiatan tiap bagian dan menambah program baru. Muker ini diikuti oleh seluruh pengurus OPPM dan seluruh siswa kelas 5.
Laporan Pertanggungjawaban dan Serah Terima Amanat

Jabatan sebagai pengurus dalam organisasi bukanlah kedudukan yang diberikan pondok kepada santri, tetapi merupakan amanat dan tanggung jawab. Maka pada setiap akhir kepengurusan, pengurus lama melaporkan seluruh kegiatan dan hasil usahanya di hadapan Pimpinan Pondok dan seluruh santri, yang dilanjutkan dengan serah terima amanat dari pengurus lama (kelas enam) kepada pengurus baru (kelas lima).

KEGIATAN LINTAS BAGIAN
Untuk meningkatkan kualitas manajemen dalam berorganisasi, OPPM melaksakan beberapa kegiatan. Berikut adapun sekilas tentang kegiatan OPPM pada tahun ini :

Sekretaris

Untuk meningkatkan kemampuan santri dalam kesekretariatan, maka bagian ini mengadakan kursus mengetik 2 kali dalam setahun.

Bendahara

Sebagai pusat sirkulasi keuangan organisasi, Bendahara OPPM diwajibkan mendata dan melaporkan keuangannya kepada Pimpinan Pondok Modern setiap bulan. Adapun sirkulasi keuangan yang beredar di seluruh bagian OPPM.

Bagian Keamanan

Tugas Bagian Keamanan adalah membantu Pimpinan Pondok dalam menjaga keamanan Pondok dan membantu menegakkan disiplin dengan memberikan peringatan/sanksi bagi yang melanggar disiplin dan sunnah Pondok Modern. Pada tahun ini bagian keamanan menertibkan transportasi siswa dalam bepergian ke Ponorogo. Di samping itu hasil usaha yang dicapai nleh bagian keamanan adalah penyeragaman meja pengurus rayon.

Bagian Pengajaran

Bagian ini bertanggung jawab atas segala kegiatan intra*dan ekstra kuri-kuler seperti latihan pidato tiga bahasa, pelajaran sore, dan diskusi. Dalam hal ini kegiatan diskusi dikoordinasikan oleh Forum Pengem-bangan Potensi dan Wawasan Santri (FP2WS) di bawah naungan bagian pengajaran.

Bagian Perpustakaan

Pendaya-gunaan perpus-takaan secara optimal merupakan salah satu kegiataan yang dilaksanakan oleh bagian perpustakaan untuk mening-katkan minat baca santri. Aplikasi dari kegiatan ini adalah mewajibkan santri untuk masuk perpustakaan secara bergilir. Bagian ini juga membawahi kelompok diskusi al-Hambra dan Itqan Group yang menerbitkan majalah Itqan dan kumpulan cerpen Afkari.
Bagian Koperasi Pelajar 

Bagian Koperasi Warung Pelajar

Koperasi Warung Pelajar (Kopwapel) pada tahun ini tidak banyak merubah menu, akan terapi meningkatkan kualitas gizi makanan yang disediakan. Kopwapel juga membantu meningkatkan kesejahteraan pekerja seperti memberi gaji bulanan tepat waktu dan beberapa kebutuhan harian.

Bagian Olah Raga

Kegiatan bagian ini adalah mengolahragakan santri terutama lari pagi pada hari Selasa dan Jum’at. Selain itu, bagian ini jusa mengorganisasikan klub-klub olahraga di Pondok A-Istiqomah dan menyelenggarakan Al-Istiqomah Cup. “Al-Istiqomah Cup” merupakan suatu even penting untuk meningkatkan daya kompetisi santri dalam berolahraga. Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi sepak bola, bola basket, sepak takraw, bola voli, dll.

Bagian Kesehatan

Tugas bagian ini adalah bekerjasama dengan Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat (BKSM) dalam menangani, menjaga, dan meningkatkan kesehatan santri. Bagian ini juga menyediakan obat-obatan dan minuman sehat dan bergizi, serta mengkoordinasi santri yang akan berobat ke Ponorogo. Selain itu, untuk mengantisipasi wabah penyakit malaria bagian ini dengan mengadakan penyemprotan massal di seluruh lingkungan Pondok Modern.

Bagian Penggerak Bahasa

Bahasa Arab dan Infgris adalah mahkota Pondok. Oleh karena itu, Bagian Penggerak Bahasa bertanggung jawab dalam mening-katkan kemam-puan berbahasa santri, berupaya seoptimal mungkin untuk mengadakan kegiatan bahasa, seperti : meng-koordinasi kursus bahasa, mengadakan lomba drama bahasa Arab dan Inggris, menentukan minggu bahasa Arab dan Inggris, dan menggalakkan pembuatan majalah dinding bahasa Arab dan Inggris dengan bimbingan Language Advisory Council (LAC).

Bagian Kesenian dan Ketrampilan

Bagian kesenian pada tahun ini bekerja sama dengan bagian ketrampilan dalam menggelar acara “ART & HANDY CRAFT SHOW” di Balai Pertemuan Pondok Modern. Acara ini menampilkan kreatifitas dan imajinasi santri dalam bidang seni dan ketrampilan, seperti kaligrafi, melukis, teater, bela diri, dan musik. Selain itu juga mengadakan lomba seni dan ketrampilan antar rayon se-Istiqomah, yang meliputi janur mahakam dan melukis di balik kaca. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat seni dan ketrampilan santri.

Bagian Penerimaan Tamu

Bagian ini bertugas menerima dan melayani tamu baik perorangan maupun rombongan bekerja sama dengan Sekretariat dan Bagian Penerimaan Tamu Pondok.

Bagian Bersih Lingkungan 
   
Untuk menjaga kebersihan pondok, Bagian Bersih Lingkungan (Berlin) bekerjasama dengan pengurus asrama menjaga kebersihan pondok setiap pagi dan sore dibantu oleh anggota asrama secara bergantian. Adapun kegiatan mingguan berlin adalah Jum’at Bersih y`ng meliputi kebersihan rayon, kamar mandi, dan lingkungan sekitar dengan memberikan piala bergilir bagi asrama terbersih se-Al-Istiqamah.
*