Photobucket
  • Gedung Pondok Pesantren Modern a-Istiqomah.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Para Petarung Nurani.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Event Art Paling Akbar.
  • Siap Tempur Dalam memerangi angkara murka.
  • Para santri akhir 2008 bersama Ust Saad Ibn Taba.

SEJARAH BERDIRINYA PONDOK


PhotobucketNgata Baru adalah sebuah desa yang terletak 14 KM arah selatan Kota Palu dengan radius 4 KM dari perumahan penduduk Kelurahan Petobo, tepatnya desa tersebut berada di pedataran tinggi Pegunungan Bulili. Pada saat itu desa Ngata Baru merupakan kawasan non produktif karena letaknya yang berada di ketinggian dan tanahnya yang kurang bersahabat untuk dijadikan lahan pertanian ataupun perkebunan. Di tambah lagi dengan sumber mata air yang kecil, maka jadilah kawasan tersebut hanya mampu ditumbuhi tanaman-tanaman yang dengan kekeringan.


Nama Ngata Baru dikalangan masyarakat kaili yang mendiami lembah Palu, utamanya yang telah berusia lima puluh tahun keatas kurang mengenalnya, karena memang wilayah ini sebelumnya dikenal dengan nama Kapopo. Ketika Kapopo menjadi lokasi Pusat Pekan Penghijauan Nasional yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1990, nama tersebut berubah menjadi Ngata Baru, yang berarti Kampung Baru.

Ditempat inilah tepatnya pada tanggal 2 Mei 1993 KH. Muhammad Arif Siraj Lc, “babat alas” mendirikan Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah di atas tanah pribadi seluas + 3 Ha. Sebenarnya rencana pendiriannya sudah dirintis sejak Maret 1993, sebagai niat yang kuat untuk mewujudkan cita-cita “Seribu Gontor” di Indonesia, sebagai wadah yang mampu membina dan mendidik generasi muda Islam dengan dasar Iman dan Taqwa agar mereka memiliki pengetahuan luas dan keterampilan hidup yang berdaya guna, sehingga dapat tampil sebagai muslim yang mampu menegakkan kalimat Allah Swt, dimana pun mereka berada.

Pada tanggal 11 Juli 1993, Pondok ini memulakan Program Pendidikan dan Pengajaran. Murid baru pada tahun itu berjumlah 17 orang, sementara Tingkat Pendidikannya adalah Tarbiyyatu-l- Mualimin Al-Islamiyyah (TMI) dengan lama belajar enam tahun bagi yang berijazah SD/MI dan 4 tahun bagi yang berijazah SLTP/SMU/MA. Sedangkan sarana yang mendukung proses pendidikan itu terdiri dari atas 1 unit (2 Lokal) Asrama Putra sekaligus Musholla, 1 unit (dua lokal) Asrama Putri sekaligus ruangan kelas, 1 unit (3 Lokal) ruang belajar, 1 unit rumah Kyai sekaligus Asrama Depan Guru, 1 buah bak air, 1 buah bivak(tempat tinggal sementara tukang bangunan dan buruhnya) yang berfungsi sebagai dapur umum.

Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah tidak mengakui adanya dikhotomi antara ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum, akan tetapi keduanya dipadukan dan diajarkan secara penuh dengan perbandingan 100% ilmu pengetahuan agama dan 100% ilmu pengetahuan umum. Sedangkan Methode pengajaran di bidang ilmu agama dan bahasa asing (Arab, Inggris) menggunakan Methode langsung (Direcht Methode) tanpa terjemahan kedalam bahasa Indonesia atau yang lainnya.

Adapun Tarbiyyatul Muallimin Al-Islamiyah adalah Sekolah Pendidikan Guru Islam yang hampir sama dengan sekolah Non Islam di Padang Panjang Sumatra Barat. Model ini kemudian dipadukan kedalam system pendidikan pondok pesantren. Pelajaran agama yang banyak diajarkan dibeberapa pesantren pada umumnya diberikan dikelas-kelas. Sementara pada saat yang sama para santri diharuskan tinggal di asrama dengan mempertahankan suasana dan jiwa kehidupan pondok pesantren. Proses pendidikan berlangsung 24 jam, sehingga segala yang dilihat, didengar, dan diperhatikan oleh santri dipondok ini adalah untuk pendidikan. Pendidikan keterampilan, latihan pidato, kepamukaan/kepanduan, olah raga, dan organisasi dan lain-lain merupakan bagian-bagian yang tak bisa terlepaskan dari kegiatan santri dipondok.

Kehadiran pondok ini telah membawa angin segar yang mengugah minat belajar masyarakat. Hal ini terlihat dari besarnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya dipondok ini yang dilihat dari pesatnya perkembangan jumlah santri dari tahun ke tahun. Perkembangan tersebut cukup mengembirakan hati dan benar-benar disyukuri oleh para pengasuh pondok pesantren. Olehnya itu, pada tanggal 4 agustus 2003 Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah memperingati 10 tahun Pondok Pesantren Modern Al-Istiaqamah, acara peringatan dan kesyukuran menjadi makin special dengan hadirnya Bupati Donggala yang meresmikan gedung asrama santri putri. Kehadiran beliau sebagai bukti bahwa pondok ini telah dikenal dan diterima oleh masyarakat luar. Hal ini pun dapat dilihat dari jumlah santri pada saat itu yang mencapai 468 putra-putri yang datang dari berbagai daerah Sulawesi Tengah. Bahkan juga Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Irian Jaya dan Kalimantan

Harapan pondok ini kedepan adalah peran serta seluruh elemen masyarakat dan instansi-instansi terkait untuk ikut terlebih langsung dan secara nyata memperhatikan dan membantu pengembangan, perkembangan, dan kemajuan pondok ini dimasa yang akan dating. Karena pada hakekatnya pondok ini adalah wakaf dan milik umat yang tentunya menjadi tanggung jawab seluruh umat islam demi tercapainya tujuan proses pendidikan islam sebagaimana yang telah dicanangkan.
*