Photobucket
  • Gedung Pondok Pesantren Modern a-Istiqomah.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Para Petarung Nurani.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Event Art Paling Akbar.
  • Siap Tempur Dalam memerangi angkara murka.
  • Para santri akhir 2008 bersama Ust Saad Ibn Taba.

PERGURUAN TAPAK SUCI

Perguruan Tapak Suci sebagai lembaga perguruan seni bela diri Indonesia yang memiliki perlengkapan, metode pembinaan, kurikulum pendidikan dan program. Tapak Suci secara resmi didirikan pada tanggal 31 Juli 1963, bertepatan dengan tanggal 10 Rabiulawal 1383 H.

Sejarah Tapak Suci bermula dari dua pendekar kakak adik yang belajar pencak silat pada KH. Busyra di Perguruan Banjarnegara selama 9 bulan. Sang kakak yang bernama A. Dimyati melakukan pengembaraan ke daerah Cikalong, Cimande, dan Banten selama 3 tahun. Sementara adiknya A. Wahid selama 5 tahun berkelana di seluruh pulau Jawa dan Madura, belajar dari berbagai guru silat untuk memperdalam ilmunya.


Setelah cukup lama berkecimpung dalam dunia persilatan, maka pada sekitar tahun 1925, keduanya mendirikan Perguruan Kauman. Di dalam perguruan Kauman, secara tegas digariskan dasar yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh semua murid-muridnya, yaitu:

1. Membina pencak silat yang berwatak serta berkepribadian Indonesia, bersih dari ilmu sesat dan syirik
2. Mengabdikan perguruan untuk perjuangan agama serta Bangsa dan Negara 
3. Sikap mental dan gerak langkah anak murid harus merupakan tindakan kesucian

Persiapan kelahiran Tapak Suci diprakarsai oleh Perguruan Kasegu asuhan dari Moh. Barie Irsyad. Akhirnya pada bulan Januari 1963 timbullah gagasan untuk mendirikan sebuah perguruan silat yang dilengkapi dengan Angkatan Dasar, seragam, symbol, kurikulum, serta metode pembinaan dan pendidikan dalam bentuk sebuah lembaga pendidikan yang permanent dan bersifat universal.

Maka atas rahmat dan ridho Allah pada 31 Juli 1963 bertepatan dengan 10 Rabiulawal 1383 H pukul 20.00 WIB lahhrlah perguruan Tapak Suci secara resmi. Kelahirannya ditandai dengan sebuah pertemuan terbuka yang dihadiri oleh segenap tokoh-tokoh perguruan persilatan, bertempat di gedung Pesantren Aisyiah Kauman Yogyakarta.

PRASETYA TAPAK SUCI

- Setia menjalankan ibadah dengan ikhlas karena Allah semata
- Mengabdi kepada Allah, Bangsa, dan Negara serta membela keadilan dan kebenaran
- Menjauhkan diri dari segala perangai dan tingkah laku yang tercela
- Mencari perdamaian dan kasih sayang serta percaya kepada kebijaksanaan pimpinan
- Patuh dan taat pada peraturan-peraturan serta percaya kepada kebijaksanaan pimpinan
- Dengan Iman dan Akhlaq Kami menjadi kuat tanpa Iman dan Akhlaq kami menjadi lemah

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di tengah kehidupan santri PPM Al-Istiqomah adalah olah raga bela diri perguruan Tapak Suci yang rutin di lakukan di setiap sore hari. Hal ini penting dilakukan mengingat bahwa membela diri adalah suatu yang penting dalam menjalani suatu kehidupan. Dari sini para santri diajarkan untuk pandai dalam mengolah raga dalam tarian seni pencak silat sebagai bekal dalam kehidupan mereka, dan disisi lain para ksatria Tapak Suci juga tidak pernah absen untuk mengisi even kesenian yang kerap diadakan di dalam pondok, seperti even arena gembira dan panggung gembira.
*