Photobucket
  • Gedung Pondok Pesantren Modern a-Istiqomah.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Para Petarung Nurani.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Berpose bersama bapak pimpinan dan dewan mu'allim.
  • Event Art Paling Akbar.
  • Siap Tempur Dalam memerangi angkara murka.
  • Para santri akhir 2008 bersama Ust Saad Ibn Taba.

PANCA JIWA PONDOK

Untuk mewujudkan ide-idenya, pendiri Pondok Pesantren Modern Al-Istiqmah Ngata Baru, KH. M. Arif Siraj Lc, memilih jalur pendidikan pesantren yang berasrama dengan disiplin yang ketat dan berlandaskan kepada nilai filsafah dan orientasi yang menjadi dasar dari perumusan visi dan misinya sebagaimana yang akan dijelaskan berikut ini ;



Panca Jiwa Pondok

Nilai dasar yang ditanamkan di Pondok ini tentang dalam Panca jiwa Pondok Pesantren, yaitu :

  • Jiwa Keikhlasan
Jiwa ini berarti sepi ing pamrih; yakni berbuat sesuatu bukan karena didorong oleh keinginan memperoleh keuntungan tertentu. Segala pekerjaan dilakukan dengan niat ibadah lillah semata-mata. Maka, Kyai Ikhlas dalam mendidik, santri ikhlas dididik dan para pembantu Kyai iklas dalam membantu menjalankan proses pendidikan.
  •  Jiwa Kesederhanaan
 Kehidupan didalam Pondok diliputi oleh suasana kesederhanaan,sederhana tidak berarti positif atau nrimo, tidak juga berarti miskin dan melarat. Kesederhanaan itu berarti sesuai dengan kebutuhan dan kewajiban. Kesederhanaan mengandung nilai-nilai kekuatan, kesanggupan, ketabahan dan penguasaan diri dalam menghadapi perjuangan hidup. Di balik kesederhanan ini terpancar jiwa besar, berani maju, dan pantang mundur dalam segala keadaan.
  • Jiwa Berdikari
Berdikari atau kesanggupan menolong diri bahwa santri sanggup belajar dan berlatih mengurus segala kepentingannya sendiri, tetapi Pondok Pesantren ini sendiri sebagai Lembaga Pendidikan juga. Harus sanggup berdikari, sehingg ia tidak menyandarkan kelangsungan hidupnya kepada bantuan atau balas kasihan pihak lain.
  • Jiwa Ukhuwwah Diniyyah
Kehidupan di Pondok Pesantren dilipuiti suasana persaudaraan yang akrab, segala suka duka dirasakan bersama dalam jalinan persaudaraan sebagai sesama muslim. Ukhuwwah ini bukan saja hanya terjadi selama mereka belajar didalam Pondok, tetapi juga mempengaruhi kearah persatuan ummat dalam masyarakat sepulangnya para santri itu dari Pondok
  •  Jiwa Bebas
Bebas dalam berpikir dan berbuat, bebas dalam menentukan masa depan, bebas dalam memilih jalan hidup, dan bahkan bebas dari berbagai pengaruh negative dari luar. Kebebasan ini tidak boleh disalahgunakan menjadi terlalu bebas (liberal) sehinga kehilangan arah dan tujuan atau prinsip. Karena itu kebebasan ini harus dikembalikan kepada kemurniaannya, yaitu bebas didialam garis-garis disiplin yang positif dengan penuh tanggung jawab, baik didalam kehidupan Pondok Pesantrn iti sendiri. Maupun dalam kehidupan masyarakat. Kebebasan ini harus selalu didasarkan kepada ajaran-ajaran agama yang benar. Berlandaskan kepada Al-Kitab dan As-Sunnah.


PANCA JANGKA

Panca Jangka merupakan program kerja pondok yang senantiasa memberikan arah dari panduan untuk mewujudkan upaya pengembangan dan memajukan pondok. Adapun panca jangka tersebut meliputi bidang-bidang berikut :  

Pendidikan dan Pengajaran.
  
Maksud jangka ini adalah berusaha secara maksimal untuk meningkatkan dan menyempurnakan pendidikan  dan pengajaran di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah. Untuk saat ini, selain tingkat TMI yang di peruntukkan untuk para santri. Pondok juga membiayai guru-gurunya setamat TMI untuk melanjutkan studinya ke sekolah satu perguruan tinggi didarerah ini. Cita-cita kedepan adalah mempuyai perguruan tinggi sendiri
  
Kaderisasi
  
Sejarah timbul dan tenggelamnya suatu usaha, terutama hidup dan matinya Pondok-pondok ditanah air kita, memberikan pelajaran kepada kita tentang pentingnya perhatian terhadap kaderisasi. Karena itu Pondok Modern Al-Istiqamah memberikan perhatian yang mendalam terhadap upaya menyiapkan para kader yang akan melanjutkan cita-cita Pondok. Diantara usaha itu adalah mengirimkan kader. Kadernya ke Pondok yang lebih maju untuk menambah ilmu dan pengalaman mereka.
  
Pergedungan
  
Jangka ini memberikan perhatian terhadap upaya penyediaan sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran yang layak bagi para santri.
  
Khizanatullah
  
Khizanatullah adalah sumber dana yang dimiliki sendiri oleh Pondok, sebagai syarat terpenting bagi sebuah Lembaga Pendidikan agar dapat bertahan hidup dan berkembang. Hal ini pun sangat diperhatikan oleh Ponok. Untuk maksud ini, Pondok telah mempunyai usaha sendiri antara lain : Koperasi Pelajar (Kopel) dan kafeteria baik untuk putra maupun putri.
  
Kesejahteraan Keluarga Pondok
  
Jangka ini bertujuan untuk memberdayakan kehidupan keluarga-keluarga yang membantu dan bertanggung jawab terhadap hidup dan matinya Pondok secara langsung, sehingga mereka itu tidak menggantungkan penghidupannya kepada Pondok. Mereka iu hendaknya dapat berusaha sendiri dan bahkan hendaknya dapat memberi penghidupan kepada Pondok.
*